IKLAN HEADER

Photobucket

Senin, 21 Mei 2012

Kalibrasi


Aktivis dakwah harus banyak menulis, memperbanyak kebaikan di dunia maya. Bismillah, ayo mulai setelah lama tidak mencoret-coret halaman maya.
***
Seperti kisahnya musa dan harun, rasulullah dan para sahabat, dakwah ini telah mengajarkan kita bahwa amal dakwah adalah amal jama’ah. Beramal bersama, bersama beramal. Saya yakin musa akan tetap punya kemampuan walaupun sendiri, pun Muhammad SAW akan tetap berdakwah walaupun sendiri. Tapi inilah islam yang indah, Allah mengirimkan pada Musa seorang Harun dan pada Muhammad sahabat-sahabat setia untuk mengajarkan pada kita, yang bersama itu jauh lebih baik, jauh lebih optimal dan maksimal.

Mari telusuri ayat cintanya Allah, berhenti pada juz 28 ash-shaff ayat 4 “sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berjuang dijalannya dalam barisan yang teratur…” mari cermati, bisakah membuat suatu barisan hanya dengan satu orang saja? Jawabannya tidak! Minimal harus ada 2,3,4,5 mungkin seribu, barulah ia disebut barisan. Kemudian beralih pada kata teratur, imajinisasikan lah 1000 tentara dibariskan, tak satupun yang boleh maju satu langkah atau mundur satu langkah, semuanya harus sejajar, selaras, inilah yang dimaksud teratur. Satu saja yang mundur satu langkah atau mungkin maju setengah langkah akan merusak pandangan, membuat cacat barisan.
Kemudian dalam barisan yang teratur ini kita jalan beriringan, menebar kebaikan dan berusaha mencapai akhir perjalanan. Pada awal akan bergerak, kita telah meng- kalibrasi langkah dan mengkalibrasi semangat, boleh melangkah dengan lebar berapa meter, kaki apa yang didahulukan, kemana arah melangkah. Dan Allah, mencintai yang berbaris teratur, maka jangan rusak pandangan Allah terhadap barisan kita. bersabarlah, menahan diri untuk tidak maju selangkah, walaupun langkah kita lebih panjang. Bersabarlah, untuk mendahulukan kaki kanan karna itu kesepakatan kita, walaupun kau sangat ingin mendahulukan yang kiri. Bersabarlah untuk terus bergerak bersama kedepan, meski kau bergerak memotong kekiri itu akan lebih cepat sampai ketujuan. Bersabarlah, karna kita telah mengkalibrasikannya semuanya.
*kalibrasi: penyamaan, penyetaraan  
Wallahu’alam
Munadiyah asy syahidah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar