IKLAN HEADER

Photobucket

Senin, 23 April 2012

Departemen Kajian Muslimah


 “ Dan orang-orang yang beriman, lelaki dan perempuan, sebagian mereka (adalah) menjadi penolong sebagian yang lain. Dan mereka menyuruh (mengerjakan) yang ma’ruf, mencegah dari yang mungkar, mendirikan sembahyang, menunaikan zakat dan mereka taat kepada Allah, dan Rasul-Nya. Mereka itu akan diberi rahmat oleh Allah. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana ” (Q.S.At-Taubah :71)

Segala Puji bagi Allah SWT, pemilik, pencipta dan pemelihara seluruh makhluk, yang telah memberikan kita kenikmatan rasa cinta yang besar bagi kita. Salam sejahtera semoga Allah selalu terlimpahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW dan para ahlul bait, sahabat, dan seluruh umat Islam hingga akhir zaman.

Dakwah muslimah memiliki kelebihan dibandingkan pergerakan wanita lainnya, karena didalamnya tertanam tekad dan kesadaran untuk terus berada dalam jati diri sebagai muslimah sesuai dengan tuntunan Al-Qur’an dan Sunnah. Prinsip dakwah yang dipegangnya adalah menyeru seluruh manusia termasuk diri sendiri kepada Islam. Kondisi kontemporer muslimah yang memprihatinkan menuntut terlaksananya peran strategis dan komprehensif oleh muslimah-muslimah yang peduli dengan nasib kaumnya. Dakwah muslimah memiliki misi upaya pencapaiannya tidak lain dengan pemberdayaan muslimah menuju kompetensi global.
Dakwah muslimah dilakukan untuk menangani hal-hal terkait dengan muslimah secara spesifik. Dakwah muslimah secara khusus memiliki tujuan untuk bisa mengembalikan pemahaman yang benar tentang peran wanita yang sesuai fitrah dan posisinya dalam Islam. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka muncullah bagian khusus dari organisasi keislaman, yang secara khusus menangani tentang para muslimah.
“Muslimah beraksi, berdedikasi, untuk negeri”

GJ-KU (Gerakan Jilbab-Kemuslimahan USU)
     
Te-Ka (Temu Keputrian Ad-Dakwah)
Temu Keputrian merupakan salah satu bentuk koordinasi Kajian Muslimah dengan seluruh Keputrian di LDF. Kegiatan ini dilaksanakan setiap sebulan sekali. Temu Keputrian diadakan untuk menyatukan arah gerak dan meningkatkan komunikasi antar Ketua Keputrian.

2.    Departemen Kajian Kontemporer (KK)

Mukaddimah
"…Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah), yaitu orang-orang yang apabila disebut nama Allah gementarlah hati mereka, orang-orang yang sabar terhadap apa yang menimpa mereka, orang-orang yang mendirikan sembahyang dan orang orang yang  menafkahkan sebahagian dari apa yang telah Kami rezekikan kepada mereka." (Q.S. Al-Hajj: 34-35)

Segala Puji bagi Allah SWT, pemilik, pencipta dan pemelihara seluruh makhluk, yang telah memberikan kita kenikmatan rasa cinta yang besar bagi kita. Salam sejahtera semoga Allah selalu terlimpahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW dan para ahlul bait, sahabat, dan seluruh umat Islam hingga akhir zaman.
Departemen Kajian Kontemporer merupakan bidang yang membahas tentang isu-isu di dalam kampus maupun di luar kampus serta mengembangkan pengetahuan kontemporer di bidang sosial, politik dan budaya serta teknologi dan sains. Kajian kontemporer juga mengadakan kegiatan – kegiatan yang bertujuan menstimulus pemahaman mahasiswa Islam atas wacana yang berkembang di masyarakat.
“KK Berkarya, Dakwah Jaya”

Ulumul Syar’i

Ulumul Syar’i artinya ilmu yang syar’i. Secara umum, Ulumul Syar’i merupakan kegiatan pengkajian ilmu-ilmu syar’i. Oleh karena itu, materi yang diberikan pada kegiatan ini adalah tafsir Al-quran dan sirah nabawiyah. Ulumul Syar’i diadakan setiap Kamis pukul 16.30 WIB di Lantai II Masjid Dakwah USU. Ulumul syar’I sendiri bertujuan untuk mengembangkan keilmuan (tsaqofah) Islamiyah yang kontemporer dengan kegiatan yang bersifat rutinitas. Kegiatan ini biasanya menghadirkan pemateri-pemateri yang memahami tafsir Al-Qur’an dan Sirah Nabawiyah seperti Ust. Azhar Arifin, LC. dan Ust. Hamzah Sagimun, LC. Kegiatan ini juga dihadiri oleh mahasiswa/i Muslim USU dan luar USU.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar