IKLAN HEADER

Photobucket

Jumat, 12 Oktober 2012

Cerita dibalik Slide Mhd.Assad dan Tim Kreatif DX-5


Logo DX-5
Banyak orang yang setuju kalau event Dakwah Expo 5 merupakan event terbesar dalam tahun 2012 di Universitas Sumatera Utara. Bagaimana tidak, event itu dihadiri oleh ribuan mahasiswa dan umum dari berbagai kalangan, etnis, hingga ras. Perayaan itu pula mengundang berbagai tokoh penting dan inspirasional baik dari akademisi hingga penulis mega best seller.
                Dibalik semua decak kagum yang diberikan untuk kesuksesan acara Dakwah Expo 5 terdapat panitia yang selalu amanah dalam menjalankan setiap tugas dan tanggung jawab, dimana tidak ada sedikitpun yang mengeluh dan selalu bekerja secara professional.
                Dibalik itu semua terdapat juga Tim Kreatif yang bekerja penuh siang dan malam dalam keseluruhan proses acara. Tim Kreatif berguna untuk menciptakan suasana yang differential (berbeda) dari biasanya, menciptakan keindahan rundown acara. Menyesuaikan, mengkolaborasi, hingga mengubah acara sehingga acara dapat menjadi WAH dan enak untuk dilihat.
                Walaupun Dakwah Expo 5 terbilang sangat sukses, terdapat beberapa glitch (kesalahan kecil) dalam proses acara, khususnya yang berkaitan dengan Pekerjaan Tim Kreatif. Sebagai contoh saya akan mengklarifikasi kesalahan dalam presentasi oleh penulis buku Best Seller Muhammad Assad. Dalam presentasi beliau yang di koordinasi oleh Tim Kreatif, ada beberapa kesalahan kecil yang sempat membuat ‘kami’ merasa disalahkan olehnya.
                Kesalahan itu ialah tidak meresponnya (not responding) presentasi yang diberikan oleh Muhammad Assad dari Flash Disk beliau saat itu. Beberapa minggu kami – Tim Kreatif – mencari apa inti dari masalah ini, dan ternyata sampai pada sebuah kesimpulan bahwa kesalahan bukan berasal dari Tim Kreatif, melainkan dari sistem itu sendiri. Lebih lanjut saya akan jelaskan disini.
                Saat persentasi berlangsung, kedua pihak (Muhammad Assad dan Tim Kreatif) menggunakan Microsoft Office dari Microsoft, Inc. bedanya, Muhammad Assad menggunakan Sistem Operasi OSX Mountain Lion pada Macbook dari Apple, Inc. Sedangkan Tim Kreatif menggunakan Sistem Operasi Windows 7 Ultimate pada Toshiba Satellite L-740 dari Microsof Windows.
                Masalah muncul ketika file .pptx dari Macbook Apple sulit atau lebih lama dalam proses interpretasi file ke Windows yang kami pakai, itu karena Sistem dasar OSX berbeda dengan Sistem dasar Windows, walaupun menggunakan aplikasi yang sama yaitu Microsft. Sehingga pending yang terjadi saat kami menjalankan presentasi itu bukan berasal dari sistem komputer yang kami gunakan, tetapi berasal dari butuh waktu lama dari waktu yang kami punya untuk menginterpretasi file dari OSX menuju Microsoft.
                Kesalahan itu seharusnya dapat diminimalisir dengan mencoba sebelum mengeksekusi (preview) pada komputer sebelum ditancapkan ke layar. Apa daya kami manusia yang sedang dalam tekanan dan tidak memiliki opsi banyak selain mengikuti pendapat spontan dari panitia dengan langsung menembaknya pada layar LCD Auditorium USU.
                Kesalahan seperti ini baru pertama sekali kami alami dan kami usahakan tidak akan terjadi lagi seperti hal ini diwaktu yang sama pada masa depan. Yang ingin kami tegaskan ialah kesalahan bukan terjadi pada human error atau kesalahan manusia, melainkan terjadi pada sistem yang mustahil dapat kami perbaiki dengan spontan.

Terima kasih atas waktu yang telah anda berikan untuk membaca sedikit koreksi dari kami, sekali lagi kami meminta maaf atas ketidaknyamanan saat menghadiri dan mengikuti seluruh acara Dakwah Expo 5.


Koordinator Tim Kreatif

Basrah Nasution

1 komentar:

  1. ahsantum... yang penting acaranya lancar... semoga kedepannya DX bs lebih bagus lagi... insya Allah aamiin...

    BalasHapus