IKLAN HEADER

Photobucket

Selasa, 27 November 2012

REVIEW KEGIATAN ASM (Akademi Syiar Media)


tutor ASM untuk Blog (Eko Verdianto)
                Tepatnya tanggal 18 novmber 2012, Departemen Komunikasi Dakwah UKMI Ad-Dakwah USU melaksanakan sebuah program kerja yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para pengurus Lembaga Dakwah Fakultas (LDF) dalam hal media syiar khususnya pengurus HUMAS masing-masing LDF. Acara ini berlangsung di gedung PSI Fasilkom-TI. Acara ini dibuka oleh sekretaris umum UKMI Ad-Dakwah USU Bayu Syahputra (FT 2010), saat itu ketua umum UKMI Ad-Dakwah Sulhan Taufik Tanjung berhalangan hadir karena sesuatu hal. Acara diawali dengan training kehumasan oleh
Rahmat Faizal (Ketua Dept.KOMDA UAD), kemudian dilanjutkan dengan training yang dilakukan secara parallel dikelas yang berbeda. Ada empat kelas workshop yang disiapkan KOMDA untuk ASM yaitu kelas Video, Animasi, Blog dan Pembuatan Berita.  Adalah Zainuddin Siregar sebagi tutor utama workshop Video, Muhammad Arisandy Pratama tutor utama kelas Animasi, Eko Verdianto tutor utama blog, Ferdiansyah sebagai tutor training pembuatan berita. ASM melibatkan 53 tutor utama dan pembantu yang secara inisiatif mendaftarkan diri dalam membina pelatihan yang direncanakan KOMDA untuk kemajuan LDF di USU. Mereka semua adalah mahasiswa muslim Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi. “ Saya antusias sekali menjadi tutor ASM, karena sebagai mahasiswa baru stambuk 2012, saya sudah terjun langsung untuk menajadi tutor untuk acara dengan cakupan peserta se-USU”,tutur Akhirudin, salah seorang tutor vidio stambuk 2012.
peserta ikhwan
                KOMDA telah menginformasikan acara ini kepada seluruh HUMAS LDF melalui RAKORMAS ( Rapat Koordinasi HUMAS ) yang diadakan seminggu sebelum hari H. Sangat disayangkan sekali tercatat ada tiga LDF yang tidak ada perwakilan untuk ASM. KOMDA sangat mengapresiasi LDF yang dapat menghadirkan banyak pasukan dari LDFnya untuk acara ini, seperti UKMI Al-Falak FMIPA, K3MI Al-Hadiid FT dan BKM Al-Mukhlisin FP, hal ini mengingat ASM adalah program kerja tertulis terakhir KOMDA 2012 dalam pembekalan potensi HUMAS LDF. KOMDA UAD yang selama ini dikenal dengan pemilik syuro terbanyak tidak menunjukkan ciri tersebut dalam persiapan ASM. KOMDA hanya dua kali syuro dalam mempersiapkan acara ini.

peserta akhwat
lesehan ala kelas animasi
                Ada FGD menarik diakhir sesi ASM, saat FGD banyak peserta yang telah meninggalkan tempat kegiatan karena agenda masing-masing. Buat sohibul UAD yang hadir saat itu tentunya sangatklah beruntung karena bertahan hingga akhir sesi. Ada lomba Syiar SWOT Analyze (SSA) di FGD ASM. Para peserta yang telah dibagi kedalam beberapa kelompok diberikan sebuah tantangan, yaitu  memecahkan sebuah permasalahan syiar yang disiapkan oleh KOMDA. Pemberian solusi terhadap masalah dimulai dengan melakukan analisis SWOT terkait kondisi yang dijelaskan dalam draft, selanjutnya masing-masing tim diinstruksikan untuk membuat langkah-langkah strategis kemudian dibagain akhir tiap tim diminta merumuskan sebuah PROGJA untuk mengatasi kondisi tersebut. Ada 7 tim di sesi FGD yaitu tim IC KEPO (Ikhwan Cerdas Kelompok Populer), tim Khumaira, tim Multimedia, tim Rifandesign, tim SSB, tim As-Syifa dan tim HUMAS the Explorer.
                Akademi Syiar Media didukung oleh UKMI Al-Khuwarizmi Fasilkom-TI, IKLC, Sandesign dan Creavolution. Semoga ASM memberikan nilai manfaat serta memajukan LDF USU dalam menggalakkan agenda-agenda syiar. Allohuakbar!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar